Rofalina.com adalah situs untuk sharing pengetahuan ilmiah di balik fenomena sosial.

Maksudnya apa sih pembahasan ilmiah di balik fenomena sosial? Kenapa bahasan sains itu penting? Apa menariknya? Kenapa “lo harus baca ini, men!“? Silakan baca lebih lanjut background-nya di Scientifying Social Phenomenon.

Semua ini berawal dari blog saya sebelumnya, Profannyti Hawk. Untuk mengakomodasi tujuan yang lebih besar, saya memutuskan beranjak ke sebuah situs dengan nama domain sendiri.

Saya menulis berdasarkan pengalaman pribadi, inspirasi/ilmu dari orang sekitar, atau saduran dari buku dan tulisan di dunia maya. Seiring berjalannya waktu, saya mengembangkan topik tulisan. Rofalina.com kini fokus dalam menyajikan tulisan pada 4 kategori topik berikut.

> Sains/Scientifying Social Phenomenon

> Observasi Sosial 

> Perspektif Kehidupan 

> Karya: jurnal perjalanan dan visi dalam pengembangan situs

 

Benang Merah

Benang merah empat topik di atas adalah inspiratif dan agak nyeleneh. Tulisan yang kamu temukan di sini hanya untuk orang-orang luar biasa yang berani keluar dari zona nyaman untuk memperkaya diri dan pikiran. Sudut pandang lain yang segar, penyeimbang sajian media mainstream nan dangkal, bahasan komersil itu-itu saja yang menumpulkan intelejensi otak.

Misi Rofalina.com adalah membuka cakrawala berpikir melalui suguhan informasi yang bikin otak orgasmik (nerdgasm). Empiris tapi masih relevan untuk kehidupan sehari-hari. Menantang dan mempertanyakan status quo. Mari buka tempurung dan nikmati keindahan dunia.

Misi ini merupakan refleksi personal value saya untuk masyarakat. Change the worldmake the world a better place to live. Atau meminjam dan memodifikasi sedikit istilah para pendiri bangsa: mencerahkan kehidupan bangsa.

“Mencerahkan kehidupan bangsa” apalagi “Mengubah dunia” sepertinya kedengaran terlalu muluk. Tapi saya yakin, setiap orang punya porsinya masing-masing. Inilah porsi saya.

Dan jika saya mampu “menginspirasi” satu orang saja melalui tulisan saya, itu sudah cukup menjadi keindahan bagi saya. Dan jika saya bisa menginspirasi 1 orang, saya percaya berarti saya bisa melakukannya pada puluhan, ratusan, hingga ribuan orang lainnya. Saya tidak perlu jadi biliarder terlebih dahulu untuk mengubah dunia, a hero can be from anyone.

Penasaran dengan tema tulisan saya di atas? Silakan cicipi tulisan berikut sebagai starter. Senang jika kamu suka. Jika tidak, ya ndak apa-apa.

Jika kamu suka dan setuju dengan tema dan visi yang saya usung, dukung situs ini. Gimana caranya? Intip halaman Dukung.

fanny rofalinaHai, saya Fanny Rofalina. Lulusan komputer, sempat ikut konferensi komputer, dan kerja di dunia komputer.

Pengalaman mempertemukan saya dengan banyak sekali orang hebat, tidak hanya dari sisi prestasi dan intelektualitas, tapi juga dari segi dedikasi, pemikiran, dan pilihan hidup. Saya mendapatkan banyak ilmu berharga yang membentuk kepribadian serta pola pikir saya hingga saat ini.

Sekarang saya mendedikasikan diri untuk menyebarkan informasi yang hopefully berguna. 🙂

Kamu juga dapat menikmati tulisan lain saya yang dimuat di berbagai media. Cekidot halaman Publikasi Luar.

Saya bukan dokter, psikolog, atau ahli sosial profesional. Saya adalah blogger dan fans yang menulis tentang apa yang orang-orang super jenius & berdedikasi tinggi hasilkan untuk kemaslahatan manusia.

Saya bisa saja salah. Saya berusaha sebaik mungkin untuk menerjemahkan konsep yang sering dilihat orang sebagai njelimet itu dalam bentuk menarik. Tapi jika saya ada salah, silakan dikoreksi. Saya menyambut baik bantuan untuk mengklarifikasikan konsep yang coba saya jabarkan di sini.

Harap diingat juga bahwa racikan topik yang saya gali di sini merupakan intepretasi personal terhadap fakta yang saya temukan. Saya berusaha melengkapi argumen dengan referensi yang reliable. Tapi jika kamu melihat saya ada miss dalam menyertakan referensi, silakan beri tahu saya agar bisa diperbaiki.

Saya juga tidak bermaksud jadi motivator atau penceramah. Saya tidak sempurna. Saya masih suka “terguncang” jika timbangan saya naik, padahal ya karena ulah sendiri ga ngontrol makan 😛

Saya menulis karena ingin berbagi. Dan biarlah tulisan-tulisan ini menjadi reminder (pengingat) bagi diri saya sendiri untuk selalu ngaca dan memperbaiki diri.

Jika kamu baru terhadap topik-topik yang yang kamu temukan di situs ini, harap jangan berhenti dan berpikir kalau kamu sudah tahu semuanya dari sini. Anggaplah blog ini saya racik sebagai sebuah perkenalan menarik terhadap subjek tertentu. Masih banyak yang bisa digali di luar sana. Teruslah belajar! Nikmati pembelajaran tersebut sebagai pergumulan pribadi yang hanya kamu sendiri bisa nikmati keindahannya…