Bagaimana Jika Uang Bukan Masalah?

Bukan ingin menafikan peran uang pada dunia nyata, tapi mari berandai-andai..

Bagaimana jika uang bukan masalah? Bagaimana jika kamu hidup dalam sebuah sistem, di mana uang tidaklah penting, bukan objek?

Pertanyaan ini patut direnungkan karena dapat membantu kamu mengetahui apa yang kamu inginkan dalam hidup, apa yang membuatmu bersemangat, kehidupan atau situasi yang bagaimana yang kamu inginkan.

Pertanyaan di atas mungkin sering menghantui orang yang baru lulus kuliah, awal 20-an, yang sedang bingung hidupnya mau dibawa ke mana. Ataupun  bagi yang sedang menghadapi krisis hidup, ga peduli umur berapa, tapi merasakan kekosongan dalam hidup. Bahkan untuk menjawab hobinya apa, kelebihannya apa, tujuan hidupnya apa, mereka tidak tau. Terlalu sibuk tenggelam dalam kenormalan.*

Yuk renungkan the big question:

Apa yang ingin kamu lakukan dalam hidupmu jika uang tidak menjadi masalah? Gimana caranya kamu bener-bener bisa enjoy menjalani kehidupan ini?

Apakah kamu ingin menjadi pelukis? Penyair? Penulis? Atau penjaga kebun binatang?

Tapi semua orang juga tau kalo ga mudah untuk mendapatkan uang dengan cara seperti itu.

Ketika kamu akhirnya sampai pada sebuah jawaban tentang sesuatu yang benar-benar ingin kamu lakukan.. Lakukan saja dan lupakan soal duit!

Karena jika kamu bilang bahwa dapetin duit adalah hal terpenting, kamu akan menyia-nyiakan hidupmu. Kamu akan melakukan hal yang tidak kamu senangi hanya untuk menyambung hidup. Konyol!

Lebih baik memiliki kehidupan yang pendek tapi dipenuhi dengan hal-hal yang kamu sukai, daripada kehidupan panjang tapi dijalani dengan menyedihkan.

Pada akhirnya, jika kamu benar-benar suka dengan yang kamu lakukan, apapun itu, kamu bisa mahir atau menjadi ahli dalam hal itu. Satu-satunya cara untuk jadi ahli dalam suatu hal adalah dengan benar-benar terjun dan menggelutinya. Dan jika kamu memang cukup bagus, pada akhirnya kamu bisa mendapatkan bayaran yang layak dari hal yang kamu senangi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan pertanyaan ini: “Apa yang aku inginkan?”

 Zen Pencils - Bagaimana Jika Uang Bukan Masalah?

Konten dan gambar disadur dari: http://zenpencils.com/comic/98-alan-watts-what-if-money-was-no-object/

*quote by Pradhana Widhi Dharma