Semiannual Review 2013: Melihat ke Belakang

Five hundred twenty-five thousand six hundred minutes
Five hundred twenty-five thousand moments so dear
Five hundred twenty-five thousand six hundred minutes
How do you measure, measure a year in the life?

– Season of Love (RENT)

525,600 menit dalam setahun. Bagaimana kamu mengukur satu tahun dalam hidupmu?

Apakah dari siang dan malam? Jumlah mie instan yang kamu makan dalam setahun? Angka di speedometer mobil? Jumlah tawa dan derita sepanjang tahun?

Ya. Bagaimana kamu mengukur satu tahun dalam hidupmu? Apakah kamu membiarkan menit-menit itu berlalu begitu saja? Apa bedanya tahun lalu dengan tahun ini? Tahun depan?

Salah satu inspirasi (bahkan panutan utama) saya dalam menulis dan berkarya adalah Chris Guillebeau, seorang blogger dan world traveler.

Selama delapan tahun terakhir, Chris melaksanakan Annual Review setiap Desember. Ia melihat kembali perjalanannya selama satu tahun belakang dan merencanakan serangkaian tujuan untuk masa depan. Proses ini telah membantunya mencapai tujuan yang lebih tinggi dan terus melakukan improvement. Ia mengajak para pembacanya untuk melakukan hal serupa. Chris menjabarkan secara detil instruksi untuk membangun rencana satu tahun ke depan, bahkan memberikan template excel yang bisa dimodifikasi.

6 bulan lalu, ketika saya memutuskan untuk berkonsentrasi penuh untuk menulis dan mengajar, saya pun menyambut tantangan Chris untuk merancang rencana (bukan satu tahun) 6 bulan ke depan, Juli – Desember 2013. Kenapa cuma 6 bulan? Karena saya baru mulainya di tengah tahun dan saya mau genapin, biar untuk 2014 saya punya rencana satu tahun pas. Rencana 6 bulan ini menandai dimulainya perjalanan saya.

Does it work? H*ll yeah!

Perencanaan yang spesifik ngebantu saya fokus ke tujuan, impian, dan milestone penting yang ingin dicapai. Saya jadi lebih produktif, lebih hidup, dan memenuhi banyak janji pada diri sendiri. Saya benar-benar bisa melihat growth saya selama 6 bulan ke belakang.

So now, di penghujung Desember 2013 ini, saya ingin berbagi cerita Semiannual Review 2013 saya 😉

Semiannual Review - Fanny Rofalina (Juli-Desember 2013)

Apa yang Berjalan Baik selama 6 Bulan Terakhir?

1. Make a giant leap! Berani nekat banting setir dari dunia korporat untuk fokus mewujudkan makna hidup 😀

2. Migrasi ke Rofalina.com! Yeph, meski sempat ngaret sampai 3 bulan karena procrastinating, gemes sama diri sendiri, akhirnya saya bisa merealisasikan milestone utama untuk 6 bulan ke belakang ini 😀

3. Make writing the most important thing I do all period. Menulis, menulis, dan menulis. Setiap minggu saya bisa memproduksi 2-3 tulisan. Tulisan-tulisan saya di blog ini mulai menarik banyak perhatian. Tulisan saya juga berhasil dimuat di berbagai media. Cek Publikasi Luar

4. Mulai mengajar di Zenius Education! Jadi tutor Biologi untuk kelas 7, 8, 9 SMP serta kelas 10, 11 SMA. Saya menikmati proses mengajar, dari awalnya nervous abis sampai bisa having fun seperti sekarang. Saya menikmati proses gimana engage perhatian siswa, bikin mereka ngerti, ga sekedar ngafal, sampai bisa dekat dengan mereka. Tentunya, saya masih perlu banyak belajar.

5. Kenal dan ketemu banyak orang baru. Ga malu untuk memperluas pergaulan, bahkan mungkin kadang sampai ga tau malu xD Bertanya, belajar, dan berbagi. Show some care..

6. 75% dari income sebelumnya. Jadi fresh graduate, di bidang IT, dan langsung kerja di industri tambang nge-set standar penghasilan yang lumayan tinggi untuk orang selevel saya. Merubah haluan yang cukup drastis dari dunia tambang ke dunia freelance dan pendidikan, menimbulkan gap yang cukup mencolok soal penghasilan. Dengan keyakinan dan semangat untuk maju, tanya sana-sini, melalui kegiatan mengajar dan jurnalistik, saya berhasil regain pendapatan hingga 75% dari gaji bergengsi sebelumnya di perusahaan tambang. 6 bulan lalu, orang-orang meragukan bagaimana saya bisa bertahan hidup dengan pilihan yang saya ambil. And now? Guys, I did it! And this is just beginning B)

7. 10% untuk ditabung. Yeph, menabung berkontribusi pada kebahagiaan. Saya masih bisa menyisihkan 10% dari income untuk diri saya di masa depan. Saya ingin ningkatin lagi tahun depan. I love you, my future self..

8. Travelling ke Singapura. Di tengah kesibukan reinventing my life, saya beruntung masih bisa travelling ke luar negeri. Walaupun utamanya untuk urusan kerjaan, saya menyempatkan diri untuk jalan-jalan. Ya walaupun “cuma” Singapur, lumayanlah ya bo, daripada ga sama sekali :p

9. Ceklis untuk Experience, Learning, and Adventure:

  • Nonton konser Italian jazz, gratis! Event ini diselenggarakan oleh Pusat Kebudayaan Italia di Jakarta. Tuh, kalo mau cari hiburan, ga mesti keluar duit. 
  • Nonton drama musical Barbie. Yeah, Barbie xD
  • Nonton opera Musicorum Delighted Concert di Gedung Kesenian Jakarta. Tiketnya cuma 75ribu, hall-nya keren kayak opera house. Murah, kan?!
  • Main paintball di Alam Sutera. Seru 😀
  • Ke salah satu museum di Kota Tua, Jakarta Pusat. Duh, lupa namanya. Hahaha.
  • Menyaksikan light festival di Central Park Mall. Saya sukaaa sekali menikmati light effect, lampu kelap-kelip dan siraman cahaya. This was the best light festival I’ve ever seen in my life :’)

10. Mengelilingi diri dengan orang-orang yang positif, good attitude, satu visi, bersemangat mewujudkan makna hidup, serta memberikan kontribusi kepada dunia. Menemukan orang yang bisa mengerti dan mendukung saya :’)

11. Berdamai dengan diri sendiri, makin mengenal diri dan pola emosi pribadi, tidak berusaha menjadi pengatur, embrace the strength, forgive the weakness.. 0:)

detail semiannual--

Apa yang Tidak Berjalan Baik selama 6 Bulan Terakhir?

1. Karena peluncuran situs ini molor dan somehow saya harus mengumpulkan traffic lagi dari awal, revenue model untuk situs ini pun ikut molor ke tahun depan.

2. Beberapa bulan lalu, saya dan beberapa teman berencana memulai proyek science short-video. Namun, dengan kesibukan masing-masing, sepertinya proyek ini menjadi prioritas terakhir di daftar semua orang.

3. I’m not sure I have been a good family member. Dengan kesibukan sekarang, saya sering melewatkan banyak momen keluarga.

4. Gagal diet! Hahaha. Saya pengen turun 5kg dalam 6 bulan ini. Tapi dengan pola diet yoyo, turun 3kg, naik 2kg, turun 2kg, naik 3kg, gagal deh.. Mesti dibenerin nih tahun depan.

Tema untuk 6 bulan ke belakang adalah Reinventing Life. Apakah itu yang saya lakukan dalam 6 bulan terakhir? Bangeet..

Saya punya banyak impian. 6 bulan kemarin saya fokuskan untuk membangun fondasi di arah ini. Saya siap untuk berdansa-dansa lagi dengan kehidupan tahun depan.

Wait fan, kemarin kamu nulis, kebahagiaan itu bukan dikejar, tapi ternyata kamu bikin daftar beginian.

🙂 Happiness is not a pursuit, it’s a lifestyle, a state of mind. Tapi bukan berarti kita ga boleh melakukan apa-apa dong untuk pengembangan diri? Ketika saya membuat rencana ini, saya menanamkan ke pikiran, ya saya akan hepi kalo tujuan tercapai, tapi jangan malah membabi buta mewujudkan impian dan lupa menikmati momen masa kini.

Rencana ini saya buat sebagai guide untuk growth saya. Sebagai reminder untuk diri sendiri kalo..

“Wow, saya punya impian sebesar ini ya?”

“Wow, ada banyak yang bisa dieksplor di dunia ini dibandingkan hanya menatapi langit-langit kamar ya”

“Wow, kemarin gw janji sama diri gw untuk jadi pribadi yang lebih baik, tapi kenapa sekarang gw begini?”

“Wow, kemarin pasang target turun 5kg, tapi kenapa sampe sekarang timbangan tetap stagnan di situ-situ aja?”

xD

What’s Next?

Minggu depan, saya akan lanjut share perencanaan saya untuk tahun 2014. Kenapa saya melakukan ini? Karena saya ingin berbagi pada semua. Ya moga-moga membantu dan menginspirasi. Kalo ga, yaudah ndak apa-apa.

Saya tergoda untuk membuat tulisan khusus tentang cara membuat annual planning. Ya, seperti yang Chris Guillebeau lakukan. Mungkin saya bisa menyadur tulisannya plus saya juga melakukan berbagai modifikasi untuk rencana saya. Sebenarnya kamu bisa sih langsung lihat tulisannya Chris pada link yang saya sertakan sebelumnya di atas.

No.. ini bukan sekedar resolusi yang di akhir Januari akan kamu lupakan. Dan no, ini bukan tujuan ngambang seperti “Be happy“, “berguna bagi bapak dan ibu”, “rajin menabung”. Ini adalah perencanaan terperinci yang berisi tujuan spesifik yang ingin kamu raih selama satu tahun ke depan.

Apakah kira-kira kamu tertarik atau mau saya buatkan tulisan khusus perencanaan tahunan? 😀

Monggo feedback-nya..

Eniwei.. Itu cerita saya selama 6 bulan ke belakang. Gimana cerita kamu selama 1 tahun terakhir? Apa saja yang sudah kamu raih? Apa yang ga berjalan baik di tahun ini? Share cerita kamu di bagian komen ya 😉

3 Responses

  1. Yunika Amelia

    Waw mengaggumkan. Inspiratif. Hebat.
    Walau ditulis dengan santai, bisa kebayang pencapaian yang sudah dilakukan hebat banget.
    Apalagi bagian yang switch dari karyawan ke cari uang sendiri hehehhe.

    Kalo gue 1 tahun kemarin penuh dengan proses recovery. Lahir bathin. Jadi walau secara umum gak keliatan kemajuan, tapi menurut gue itu prestasi tersendiri.

    Semoga bisa seperti fanny yang melihat dengan jelas tujuannya apa, langkah untuk menuju kesana, dan bener2 take action.

    Good luck for 2014

  2. wah, luarbiasa….mengispirasi banget. Makasih banyak ya tulisannya 🙂

    • Fanny Rofalina

      Sama-sama. Senang bisa menginspirasi 🙂
      Semoga berguna.

Leave a Reply