Catatan Migrasi

posted in: Karya | 0

You started it small, and you watch it grow.. 

Desember 2012, saya memulai blog Profannyti Hawk.

Begitu banyak ide dan konsep yang berterbangan di kepala. Tema inilah, itulah. Setiap hari, ide semakin banyak, kepala rasanya udah kepenuhan. Di suatu titik, saya berkata pada diri saya sendiri, “Yaudah sih fan, tulis aja dulu. Daripada ga mulai-mulai keburu buyar semua inspirasinya.

Saya biarkan itu mengalir. Tulisan sesederhana mungkin, jelek biarin aja, tapi yaudah tulis aja. Daripada kelamaan mengendap di kepala, sayang, saya pikir.

Saya orangnya pemikir, ya perenung. Terlalu sering membaca, berdiskusi, terlalu banyak input, tidak ada aliran output. Blog ini pun menjelma layaknya keran air yang tertahan, akhirnya terbuka, byuurr mengalir ke sebuah wadah yang bisa dinikmati bersama.

Bahkan 1 bulan sebelum saya memulai blog ini, saya masih suka bilang begini, “tapi gw tuh ga bisa nulis bagus-bagus begitu. Gw tuh bukan penulis deh..

The Idea

Namun kini, saya melihat tulisan saya dapat menjadi penyeimbang informasi yang beredar di media mainstream yang, maaf, dangkal menurut saya.

Jika kita mau jujur, mayarakat kita secara umum memiliki minat baca kurang terhadap pembahasan agak mendalam dan kritis. “Topik sains? Oh enggak deh, terlalu berat. Ga nyampe otak gw ke situ”. Ditambah lagi dengan kemampuan berbahasa Inggris yang pas-pasan. Masyarakat umum dimanjakan dengan suguhan informasi ringan, kupasan di permukaan, yang tak ayal tak jauh beda dengan kualitas suguhan koran kuning atau gosip selebriti.

Saya suka iri jika membaca tulisan dari situs media besar berbahasa Inggris, berkualitas dan menarik. Sayang untuk dilewatkan, menurut saya. “Men, lo harus baca ini men. Wah gila ini informasi keren banget, menarik banget. Semua orang harus tau!!

Dan itulah yang saya lakukan di blog ini. Saya senang mengkonsumsi wawasan baru nan menarik. Saya suka. Saya hobi. Dan layaknya orang yang sedang menggandrungi sesuatu, sedang jatuh cinta, ia ingin seluruh dunia tau..

The Audience

Ya, audiens saya spesifik. Saya menyadari tidak semua orang akan suka dan relate ke tulisan saya. Masih terlalu berat mungkin, menurutnya. Walaupun saya selalu berusaha menggunakan bahasa yang ga begitu menjelimet, raw, dan ringan. Belum terbiasa mungkin karena biasanya menikmati informasi ringan sekali lewat.

Tapi biarlah.. Ya itulah blog ini, penyeimbang. Saya hadir sebagai penyeimbang. Sains tidak harus selalu berat. Dengan sorotan cahaya yang berbeda, sains dapat jadi menarik, indah, dan relevan ke kehidupan kita sehari-hari, tapi tetap kritis.

The Goal

Satu per satu, apresiasi itu datang. Banyak yang suka tulisan yang dimuat di blog ini, terinspirasi, dan sebagainya. Bahkan saya mengenal orang-orang baru karena blog ini, meninggalkan testimoni khusus mengenai tulisan saya. Tulisan saya juga beberapa kali di-share di social media. 6 bulan lalu, rasanya ini masih seperti mimpi.

Apresiasi itu penting. Senang rasanya jika karya kita diapresiasi. Tapi pada akhirnya, ini bukan soal pengakuan. Mendapat traffic tinggi itu bagus, tapi utamanya saya tidak mengejar traffic (setidaknya untuk saat ini). Ini tentang value delivery. Memberikan impact yang kita yakini. Mencapai tujuan awal. Knowledge sharing. Berbagi dan membuka wawasan sesama.

Ketika saya sharing pengetahuan saya, dan orang lain berkomentar, “Waw, keren banget!!”, itu adalah salah satu kebahagiaan terbesar. Bukan tentang komentarnya, tapi tentang bagaimana kita bisa membantu membuka cakrawala berpikir orang lain dan sama-sama menikmati indahnya dunia di luar sana.

The Leap

Migrasi ke rofalina.comSaya masih kecil, belum high profile. Statistik saya masih ga ada apa-apanya dibandingkan situs lainnya. Tapi saya memulai ini dari nol. I started it small and I watch it grow. Saya mulai melihat saya bisa melakukan sesuatu. Dengan apresiasi tersebut dan dukungan dari teman-teman terdekat, saya ingin membawa blog ini lebih serius lagi!!

Profannyti Hawk bermigrasi ke rumah baru, Rofalina.com

Dengan fitur dan desain yang lebih memadai serta konsep yang lebih matang, Rofalina.com akan lebih kaya dan “memanjakan” pemikiran-pemikiran kritis yang haus wawasan menarik.

Jangan lupa daftarkan email kamu untuk update terbaru terkait Rofalina.com ya 😉