Picu Mimpi Indah, Hindari Mimpi Buruk

posted in: Sains | 8
Beberapa waktu yang lalu, salah satu teman gw mimpi buruk yang sangat kebetulan punya keterkaitan dengan realita yang ada.

Secara tidak sengaja, gw nemu artikel ini yang menguraikan hal yang bisa mempengaruhi mimpi, cara mimpi indah, penyebab mimpi buruk. Artikel ini menjadikan Dr. Barret, PhD, asisten profesor psikiatri klinis Harvard Medical School dan penulis buku The Committee of Sleep, sebagai narasumbernya. 

***
Pernah ga pas kamu lagi kesel sama seseorang, saking keselnya sama tuh orang, sampai kebawa mimpi berantem sama orang tersebut?

Ya, mimpi pada dasarnya adalah mekanisme otak kita dalam menginterpretasikan unresolved conflict (konflik yang belum terselesaikan). Selain unresolved conflict, ada lagi hal lain yang ga disangka-sangka mengambil peran dalam membangun scene mimpi kita.

***

1. Bau 

Sebuah studi menemukan bahwa menghirup aroma bunga di saat-saat tertentu di antara sleep cycle kita dapat memicu mimpi yang positif. Sedangkan bau sulfur dapat memicu mimpi yang negatif

Ah, tinggal semprot pengharum ruangan aroma bunga aja ya kalo gitu. Eits, ga ngaruh ternyata. Sepertinya bau masakan enyak atau si mbak dari dapur dapat ikut menginfiltrasi mimpi kita.
Trus gimana dong? Jika memungkinkan, posisikan ruang tidur dekat dengan taman bunga dan tidak terkena langsung aroma dari dapur.

2. Suara 

“Naak, bangun naakk. Naak, banguun!”

Realita: mama mu sedang berusaha membangunkanmu dari tidur lelap untuk siap-siap berangkat sekolah
Mimpimu: alien raksasa bersuara nyaring mencoba menaklukan bumi dengan suara gledeknya
1 detik, 2 detik, kamu terbangun, “oh suara mama toh”, dan kamu bangkit dari kasur dengan malasnya.
Terdapat sebuah celah kecil bagi suara untuk menginfiltrasi otak selama kita tidur. Dr. Barret menyatakan bahwa suara tersebut harus cukup kecil sehingga tidak membangunkan kita, tapi cukup keras agar dapat ditangkap otak.
Idenya adalah tidur dengan ditemani suara gelombang ombak biar bisa mimpi lagi leha-leha di pantai Derawan. Atau tidur ditemani suara cuitan burung biar bisa mimpi lagi berada di puncak Semeru.

3. Makanan Pedas

Sederhana aja sih. Makan super pedas, perut super mulas. Perut ga enak, mimpi pun ga enak. Usahakan makan besar 2 jam sebelum tidur dan hindari makanan yang bikin perut ajojing ketika tidur.

4. Tidur Tengkurep

Good news! 
Mau mimpi basah? Tidur tengkureplah! Hahaha!
Studi yang diterbitkan pada Journal of Dream menyebutkan bahwa tidur tengkurep dapat memicu mimpi memadu kasih dengan selebritis pujaan atau mimpi diikat. Peneliti berhipotesis, kemungkinan hal ini terjadi karena pola nafas saat kita tidur tengkurep atau telungkup sama dengan pola nafas saat kita sedang bercinta.

5. Anti Depressant

Bagi Anda yang mengkonsumsi obat anti depressant, khususnya kelas SSRI (Prozac, Zoloft, Cipralex, dan sebagainya), perlu diketahui bahwa obat kelas ini dapat memicu mimpi buruk.

Temuan menunjukkan bahwa obat anti depressant membuat fase REM (Rapid Eye Movement) atau fase kita bermimpi lebih intens. Hal ini merupakan salah satu efek samping dari obat tersebut. Jika hal ini terjadi dan mengganggu Anda, konsultasikan dengan dokter Anda.

6. Berhenti Merokok

Jika Anda sekarang dalam usaha lepas dari kebiasaan merokok, kemungkinan Anda akan lebih banyak mengalami vivid dream. Vivid dream atau lucid dream adalah fase mimpi di mana ketika mengingat segala hal yang terjadi di mimpi tersebut. Nicotine withdrawal atau penghentian konsumsi reguler nikotinlah yang memacu otak untuk bermimpi lebih banyak.

Saran dari Patrick McNamara, PhD, kepala Laboratorium Evolutionary Neurobehavior Boston University School of Medicine: Bertahanlah! Otak Anda akan calm down lagi kok. Dan jantung Anda pun akan lebih bersih 🙂

7. Tidur Ketika Lapar

Perut keroncongan dibawa tidur membuat kamu mimpiin makanan-makanan yang bikin ngiler.

Bahkan, berdasarkan sebuah studi, pasien-pasien anorexic di bawah pengawasan Dr. Ware, selalu mimpi tentang makanan. Anorexia adalah sebuah kelainan yang membuat pengidapnya sangat amat membatasi asupan makanan dan sangat amat takut kiloannya naik. 

Enak dong mimpiin makanan enak? Kagak! Perut lo tetep aja laper trus tidur lo ga nyenyak.

Anorexic People

Sumber gambar:
http://ednos.healthrisks.biz/severely-anorexic-people/
http://www.rayur.com/anorexia-nervosa.html

8. Segala yang Horor

Mbok ya sebelum tidur itu baca dongeng indah atau berfantasi yang enak-enak, bukannya malah nonton film horor.

Tidak hanya film, semua hal yang bersifat ‘horor’ dapat mempengaruhi mimpi lho. Mulai dari suara horor, buku horor, acara hantu di TV, sampe cerita horor sebelum tidur (oh I really hate that person who “eh, cerita horor yuk” before going to bed). Semua hal horor ini dapat menciptakan adegan horor di mimpi kita. 

Kalo udah terlanjur ngeliat pocong di TV gimana dong? 🙁
Ambil waktu sejenak buat refresh otak. Coba browsing gambar kucing yang lucu-lucu. Atau beralihlah pada gambar pria/wanita seksi *wink*

9. Kehamilan dan Masa Setelah Melahirkan

Bayi Anda hilang, Anda kelabakan mencarinya, mencengkram tempat tidur Anda bahkan suami Anda untuk meminta pertolongan.
Apakah mimpi buruk ini adalah mimpi yang umum dialami wanita hamil atau yang baru saja melahirkan? Jawabannya, IYA!

Sebuah studi menemukan bahwa hal ini saangatlah umum. Hal ini terjadi karena pada masa kehamilan atau baru melahirkan, wanita mengalami campuran emosi yang ga karuan, kurang tidur, dan fluktuasi hormon.

Dan seperti hal-hal biologis lain yang terjadi pada tubuh wanita hamil, hal ini juga tidak dapat dikontrol. But it’s okay. No need to worry. Justru ini menunjukkan bahwa otak sedang ‘membantu’ Anda beradaptasi menghadapi fase besar ini. Jadikanlah ini sebagai sumber penenang pikiran Anda 🙂

***

So, apa mimpi kamu semalam? Adakah kamu sadari hal-hal di atas mempengaruhi adegan mimpi kamu semalam? Jadi bisa tau kan cara mimpi indah. Bisa tau juga apa penyebab mimpi burukmu semalam. Bagi pengalamanmu di sini.

8 Responses

  1. ho oh bener banget yg terakhir,,,dulu lg hamil aku sering banget mimpi,,,hampir setiap hari,,,macem2 dan aneh2…ntar mimpi anak kecil lah,,terus jd mikir jangan2 anakku ntar gitu ya,,he2…mimpi dikejer orang gila lah,,mimpi setan lah,,,ampe mimpi ketemu artis idola,,wkwkwkwk…..hormon ibu hamil emang top markotop dah,,,,congrat ya blog mu,,,jadi jg,,,SEMANGAT…

  2. Huwoohh..
    Beneran ya?
    Ku tanya temen ku yang udah punya anak, dia biasa aja. Beda orang beda hormon ya. Masih suka mimpi buruk ga sampe sekarang?

    Thank you. Harus persistent! ^^

  3. mimpi sih masih suka tapi gak sesering waktu hamil kemaren..iya emang hormon ibu hamil beda2…eh,,,bahas tuh tentang hormon ibu hamil yg suka aneh2,,,hehehe…

  4. iya entar ya. tak kumpulin dulu. Hehehe

  5. iya.. kalo ada suara apa gitu nanti dimimpi masuk jadi suara sesuatu sesuai imajinasi mimpi kita hehe

  6. iya, jadi sebelum tidur denger suara pantai gitu aja ya, jadi bisa mimpi lagi liburan ke Maldives xD *ngarep*

  7. Pengen tau aja, kalau mimpi basah tuh termasuk mimpi baik atau buruk. Ga ditanggepin juga gpp.

    Oh, salam kenal ya kaka.

  8. Wah kalo itu, kamu yang menentukan sendiri :p

    Salam kenal juga 😉

Leave a Reply